Mengenal Rayap Formosa dan Keberadaanya

Serangga jenis ini memang terkenal karena dapat merusak apa saja yang dimakanya. rayap merupakan serangga yang tergolong sebagai hama bagi manusia. karena serangan rayap dapat memakan dan menyerang rumah anda atau perabot anda khususnya yang terbuat dari bahan kayu, dan setelah perabot tersebut diserang maka besar kemungkinan akan rapuh dan lapuk, dan bahkan tidak dapat berfungsi seperti semula. tentu saja ini dapat membuat anda rugi secara ekonomi dan juga membuat perabot anda menjadi tidak layak pakai. rayap sendiri mempunyai banyak jenis baik itu rayap kayu, rayap tanah, rayap aspal, rayap pohon, dan masih banyak lagi. sekarang ini ada jenis rayap yang paling merusak yaitu rayap formosa. dimana rayap jenis ini merupakan rayap paling merusak karena mempunyai koloni yang besar, sehingga dapat merusak dengan cepat sesuatu yang sudah diserangnya.

Image result for rayap formosa

Menurut para ilmuan, rayap formosa ini pertama kali datang di Amerika Serikat yang pada waktu itu terjadi perang dunia ke dua. rayap jenis ini mempunyai kekuatan merusak hampir sepuluh kali lipat dari pada rayap biasa. sehingga rayap jenis ini mampu merobohkan gedung atau rumah dalam waktu yang relatif singkat. rayap jenis ini dapat merobohkan rumah hanya dalam waktu kurang lebih dua taun.

Seperti rayap biasa, rayap formosa juga hidup dalam koloni atau berkoloni. dalam kehidupan rayap jenis ini juga terdapat raja atau ratu yang mempunyai tugas untuk membuat calon rayap. dimana pembagian tugas tersebut juga di sesuaikan dengan ukuran dan jenis kelamin rayap tersebut. selain itu, koloni rayap ini juga terbagi atas prajurit dan juga pekerja. dimana ciri dari rayap prajurit ini adalah mempunyai sengatan atau capit pada bagian kepalanya untuk melindungi diri dan juga raja dan rayap lainya dari musuh atau sesuatu yang membahayakan. dan untuk rayap pekerja ini mempunyai tugas mencari makanan untuk rayap lainya, serta untuk membuat sarang pada kayu atau tempat lainya yang sesuai dengan jenis rayap tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *