Rakyat Lampung Online

Home Pilkada Kumpulkan Data Elektabilitas Calon

Kumpulkan Data Elektabilitas Calon

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button

BANDARLAMPUNG-Lembaga survei Rakata Institute, kembali akan merilis hasil surveinya berkaitan dengan calon-calon yang akan bertarung di pilkada tiga kabupaten (Tulangbawang, Tanggamus, Lambar) September mendatang. Sebelumnya Rakata sudah menggelar survei mengenai calon incumbent di tiga kabupaten itu.

“Kami akan kembali menggelar survei. Saat ini tim sedang melakukan survei di tingkat daerah. Namun untuk hasilnya kemungkinan baru akan kami rilis kepada media, dua minggu ke depan,” sebut Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto.

    Dikatakan dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung, survei kali ini masih berkutat terkait elektabilitas calon. “Setelah kemarin pendaftaran kami akan lakukan survei kembali,” tukasnya.

    Dalam survei sebelumnya, Rakata merilis, incumbent di Lambar, ex-incumbent di Tanggamus dan pseudo-incumbent di Tuba berpeluang menang.

    Seluruh data dan hasil dalam penelitian ini diperoleh melalui survei jelang pilkada yang dilakukan Rakata Institute pada bulan April 2012 di ketiga kabupaten dengan menggunakan stratified random sampling pada tingkat kepercayaan 95% dan toleransi kesalahan (margin of error) plus minus 5%.

    Beberapa hasil survei yang menarik dibahas adalah sebagai berikut, pilkada 3 kabupaten pada 27 September 2012 akan diwarnai persaingan kader-kader dari Partai Merah (PDIP) versus Partai Biru (PAN).

    Meskipun di Lambar kans Partai Merah memenangkan pilkada akan sangat besar, namun persaingan ketat akan terjadi di Kabupaten Tanggamus dan Tulangbawang. Pada kedua kabupaten ini. peluang Partai Biru memenangkan kompetisi cukup besar. Hasil akhir pilkada 3 kabupaten bisa berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk Partai Biru atau juga 2-1 untuk Partai Merah. (ben)

 

Beri Komentar

Redaksi menerima komentar terkait berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim.
Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, pornografi atau berbau SARA.


Security code
Refresh


User's Online

Ada 108 tamu online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari Ini1024
mod_vvisit_counterKemarin2977
mod_vvisit_counterMinggu Ini13458
mod_vvisit_counterMinggu lalu24434
mod_vvisit_counterBulan ini73516
mod_vvisit_counterBulan Lalu122782
mod_vvisit_counterJumlah3618815

Your IP: 107.22.45.61
 , 

Berminatkah anda beriklan di situs ini?