Rakyat Lampung Online

Home Otonomi Daerah Lamsel - Pesawaran - Pringsewu Diskes Kekurangan Tenaga Kesehatan

Diskes Kekurangan Tenaga Kesehatan

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button

PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten Pesawaran masih banyak membutuhkan tenaga kesehatan. Pasalnya, pemkab setempat akan segera mengoperasikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) pada 2013 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pesawaran Endang Sri Haryanti mengatakan, dengan dioperasikannya RSUD tersebut, maka secara otomatis membutuhkan tenaga kesehatan. Namun, saat ini kabupaten setempat memiliki keterbatasan SDM khususnya tenaga kesehatan. "Jika, RSUD nanti dioperasikan, maka kami akan segera merekrut tenaga kesehatan dari puskesmas yang ada di Kabupaten Pesawaran," ujarnya.

    Menurutnya, dengan ditempatkannya tenaga kesehatan puskesmas di RSUD tersebut, maka tenaga kesehatan puskes pun akan berkurang. "Paling tidak, RSUD membutuhkan 100-an pegawai, dan saat ini SDM kita terbatas," tukas Endang.

    Semestinya, pada tahun ini, RSUD yang terletak di Dusun Sukamarga Desa Gedongtataan Kecamatan Gedongtataan itu sudah dioperasikan. Namun, lantaran berbagai hal, pengoperasian RSUD tersebut urung dilakukan.

    "Jika PU sudah menyatakan, bangunan RSUD telah siap maka kami pun siap mengisi peralatan medis untuk kemudian mengoperasikan pelayanan kesehatan di RSUD tersebut," tandasnya.

    Dengan kondisi ini, lanjut Endang, Diskes Pesawaran pun berharap agar BKD setempat dapat memfasilitasi adanya tenaga kesehatan tambahan guna memberikan pelayanan kesehatan, baik di puskesmas atau RSUD jika sudah beroperasi.

    "Kita tidak mungkin mengurangi tenaga kesehatan untuk melakukan pelayanan di puskesmas. Karenanya, kami berharap BKD dapat memfasilitasi kekurangan SDM di bidang kesehatan," pungkasnya. (bam)

 

Komentar Anda 

 
+1 #1 farid anwar 2013-09-18 20:57
dari pada ambil dari puskesmas lebih baik ambil tenaga kesehatan dari luar kota aja, di indonesia banyak tenaga kesehatan (perawat) yg masih ngangur.
saya juga mau kalau di panggil kerja di RS di sana :-)
 

Beri Komentar

Redaksi menerima komentar terkait berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim.
Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, pornografi atau berbau SARA.


Security code
Refresh