Rakyat Lampung Online

Home Berita Utama Berita Utama Pesisir Barat Resmi Kabupaten

Pesisir Barat Resmi Kabupaten

Email Cetak PDF
AddThis Social Bookmark Button
Disetujui DPR, Diparipurnakan Kamis
JAKARTA-Provinsi Lampung kembali bertambah satu kabupaten. Ini menyusul disetujuinya Kabupaten Pesisir Barat (KPB), yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Lampung Barat (Lambar), oleh DPR RI dan pemerintah pusat, kemarin (22/10).

Bersama KPB, ada empat daerah otonomi baru (DOB) lain yang dikabulkan dari sembilan DOB yang diajukan. Sisanya, usulan empat DOB lain, ditolak DPR dan pemerintah.

    Untuk kelima DOB yang diluluskan itu adalah KPB, Provinsi Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat, Kabupaten Manokwari Selatan dan Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat.

    "Dari usulan sembilan DOB, lobi antara komisi II, mendagri dan DPD menyepakati lima DOB," ungkap Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa di gedung DPR, kemarin. Kelima DOB baru tersebut akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (25/10) mendatang.

    Sementara, Ketua DPRD Provinsi Lampung Marwan Cik Asan mengatakan, harus ada komitmen dari pemerintah provinsi dan kabupten induk (Lambar) dengan tidak membiarkan begitu saja kabupaten baru ini. “Termasuk komitmen pendampingan oleh pemprov dan kabupaten induk untuk memastikan kabupaten ini tidak berjalan begitu saja,” ujarnya.

    Sekedar diketahui, wilayah Kabupaten Pesisir Barat akan terdiri dari 10 kecamatan, yang meliputi dari Kecamatan Bengkunat Belimbing, Bengkunat atau keinginan masyarakat setempat diubah menjadi Kecamatan Ngaras, Ngambur, Pesisir Selatan, Krui Selatan, Pesisir Tengah, Waykrui, Karya Penggawa, Pesisir Utara dan Lemong. (ben/viv)

 

Beri Komentar

Redaksi menerima komentar terkait berita yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim.
Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, pornografi atau berbau SARA.


Security code
Refresh


Otonomi Daerah

Korem Bekali Prajurit TNI Ilmu Hukum
article thumbnailMETRO-Upaya meminimalisir pelanggaran disiplin dan tindak pidana yang dilakukan oleh prajurit dijajaran Korem...

User's Online

Ada 93 tamu online

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari Ini1009
mod_vvisit_counterKemarin3631
mod_vvisit_counterMinggu Ini20471
mod_vvisit_counterMinggu lalu20997
mod_vvisit_counterBulan ini56095
mod_vvisit_counterBulan Lalu122782
mod_vvisit_counterJumlah3601394

Your IP: 23.20.20.195
 , 

Berminatkah anda beriklan di situs ini?