System Borepile Underpas Unila, Struktur Aman Penahan Dinding Tanah

0
133

BANDARLAMPUNG–Terus membangun dan mencari solusi untuk mengurai kemacetan lalu-lintas, pemkot Bandarlampung selain sudah membagun 8 Flyover, juga mentargetkan pembangunan underpass Unila atau yang terletak di Jalan ZA Pagar Alam, clear pada Desember 2018.

Menurut Yatmi PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) pembangunan underpas Unila Dinas PU Kota Bandarlampung, jika pekerjaan saat ini sudah masuk pada pengeboran dan yang menarik pembangunan proyek tersebut menggunakan akan metode borepile. “Memang kalau kita lihat kasar mata pengerjaan proyek underpass itu seperti tidak ada, karena dia menggunakan metode borepile, begitu di bor langsung di buat borepilenya, sehingga langsung tertutup, makanya tidak terlihat, kalau kami hitung saat ini sudah masuk sekitar 37 persen pekerjaan,” ujar Yatmi, mendampingi PPK Underpass Unila, Dinas PU Kota Bandarlampung, Syamsul.

Sistem borepile yang ada pada underpas Unila sebanyak 620 borepile yang terpasang disisi kanan dan kiri. “Kegunaan borepile adalah untuk struktur penahan dinding atau penahan tanah, dindingnya semua kita bor, metode ini cukup aman untuk penahan tanah underpas, itu paling aman menjaga longsor diding tanah kiri-kanan,” jelasnya.

Setelah semua selesai di borepile sisi kanan dan kiri, lanjut Yatmi, selanjutnya adalah menggali tanah untuk membuat trowongan jalan bawah. “Untuk underpass kita ini adalah skala jalan By-pass dengan lebar 10 meter, ketinggian 15 meter dari asli tanah, panjang 340 meter. Sehingga, landainya seperti Jalan layang depan MBK, dan kendaraan bisa melaju dengan nyaman. Keunggulan underpass kita ini menggunakan borepile dua jenis satu primer satu secen beton dan cor beton,” ungkapnya.

Kasi Perencanaan Dinas PU Kota Bandarlampung ini menambahkan, sebelum pengerjaan proyek underpass dimulai, pihaknya sengaja membuat galian, untuk penahan lumpur dan air tanah naik, pada saat pengeboran berlangsung dan dibuat siring. “Kita mencoba menggunakan system borepile karena melihat kasus pada underpass Soekarno-Hatta yang ambruk. Dengan dinding penahan tanah jenis borepile ini, diyakini dapat menjadikan underpass Unila aman dan nyaman,” tandasnya. (ron)

LEAVE A REPLY