OJK: Masih Banyak LKM Belum Berbadan Hukum

0
193

BANDARLAMPUNG-Kepala Otoritas Keuangan (OJK) Provinsi Lampung, Indra Krisna mengatakan masih banyak Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Lampung yang belum berbadan hukum.
“Ada yang mengatakan kami sudah punya akte notaris, artinya kata mereka sudah punya badan hukum. Itu tidak benar, akte notaris hanya untuk mendaftarkan pengurus,” ujar pejabat berdarah Minang itu.
Indra mengatakan hal itu saat membuka secara resmi sosialisasi LKM/Syariah di Kantor OJK Lampung di Pahoman Bandarlampung, Selasa (13/3).
Menurut Indra, yang mendirikan LKM mestinya mengurus badan hukum sehingga bisa melakukan perikatan atau perjanjian dengan pihak lain. “Kalau tidak maka LKM yang tidak punya badan hukum tidak bisa melakukan perikatan,” sebutnya.
Adapun badan hukum LKM bisa berupa koperasi atau Perusahaan Terbatas (PT). Kalau koperasi, perizinan di keluarkan Dinas Koperasi, sementara PT dikeluarkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ((HAM).
Dari segi cakupannya, LKM hanya maksimal di tingkat kabupaten/kota. “LKM tidak boleh lintas kabupaten. Tapi hanya lintas kampung/kelurahan atau sampai kecamatan,” ujarnya.
Jika saja LKM berkembang, maka bisa bertransformasi menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Bisa bersifat umum atau syariah. “Bisa pula manjadi bank,” ujarnya.
Dalam hal LKM ini akan dibina sekaligus diawasi oleh OJK. “Jika ada permasalahan silahkan berhubungan atau berkonsultasi dengan OJK,” ujarnya. (Ost)

LEAVE A REPLY