Pendaftaran Ditutup, Pilgub Dikuti 4 Pasang (Tanggamus 2 dan Lampura 3 Pasang)

0
663

BANDARLAMPUNG-Final sudah pendaftaran pasangan calon pilkada provinsi dan dua kabupaten di Lampung, Rabu (10/1). Untuk pilkada Provinsi diikuti 4 pasang calon, dan dua kabupaten yakni Tanggamus dan Lampung Utara masing-masing diikuti 2 dan 3 pasang calon.
Empat pasangan calon yang ikut Pilkada Provinsi Lampung adalah Mustafa-Ahmad Jajuli (NasDem, PKS, dan Hanura) yang mendaftar di KPU Senin (8/1), Herman HN-Sutono (PDIP) juga mendaftar pada Senin (8/1), Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Golkar , PKB dan PAN) mendaftar pada Rabu (10/1), dan disusul M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Demokrat, Gerindra, dan PPP) juga pada Rabu (10/1).
Tidak ada pasangan calon yang mendaftar pada Selasa (9/1) untuk pemilihan gubernur atau pilgub itu. Tidak mengerti apakah pada hari Selasa itu selalu diidentikan dengan hari ‘’panas’’ . Yang terang, pasangan M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri yang akan mendaftar pada Selasa itu dibatalkan dengan alasan waktunya mepet, walaupun semua berkas dianggap sudah lengkap.
Untuk Pilkada Tanggamus, dua pasangan yang mendafar adalah Samsul Hadi-Nuzul Irsan (Demokrat, Golkar, PKB, PPP, Hanura dan Gerindra). Selanjutnya Dewi Handajani- AM Syafie (PDIP, Nasdem, PAN, PKS, PSI dan PKPI).
Kedua pasangan untuk Tanggamus ini mendaftar pada hari yang sama, Rabu (10/1). Samsul-Nuzul mendaftar lebih dahulu, dan disusul Dewi-Syafie dengan diantar simpatisan dengan keunikan masing-masing.
Untuk Lampung Utara (Lampura) diikuti tiga pasangan calon, yakni Agung Ilmu Mangkunegara-Budi Utomo (NasDem, PAN, PKS, dan Gerindra) mendaftar Senin (8/1), Aprozi Alam-Ice Suryana (Golkar, PKB dan PBB) mendaftar Selasa (9/1), dan Zainal Abidin-M Yusrizal (PDIP, Demokrat dan Hanura) mendaftar pada Rabu (10/1).

HARI TERAKHIR

Pada hari terakhir pendaftaran pemilihan gubernur di KPU, Rabu (10/1) kemarin, tidak sampai larut. Pasangan M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri adalah pasangan terakhir mendaftar. Pasangan incumbent ini diantar ribuan masyarakat pada siang dan selesai pada sorenya. Mereka bertolak dari rumah pribadi M Ridho Ficardo di Villa Citra Sukarame Bandarlampung.

Dalam arak-arakan masyarakat mengantar Ridho-Bachtiar, turut hadir segenap Kiai NU dan simpatisan partai pengusung serta pendukung termasuk dari Majelis Taklim Ar Ridho dan berbagai elemen masyarakat Lampung termasuk masyarakat Keturunan Bali.

Tampak petinggi DPW PPP Lampung, Hasanusi beserta Sekretaris Azazi, Ketua DPW PSI Lampung Beni Arifin, dan sejumlah politisi Partai Gerindra Lampung, hingga para petinggi Partai Demokrat dan tim pemenangan Ridho yang mengenakan kaos kerah putih dan topi hitam-putih yang bertulis BE 1 MRF.

Sebelum menuju KPU, terlebih dahulu diawali istighosah, mohon doa kepada kedua orang tua, pemberian santunan kepada anak yatim dan doa bersama para Kyai Sesepuh dari berbagai daerah di Lampung.

Usai Salat Suhur berjamaah, Ridho-Bachtiar berangkat menuju KPU. Ridho Ficardo sempat, enghimbau agar para simpatisan dan massa pendukung tidak terlalu memaksakan untuk hadir di KPU. “Kita juga harus menghargai para pengguna jalan. Lebih baik memberikan aksi simpatik yang sewajarnya saja,” kata Ridho.

Sebelumnya, pada hari yang sama, pasangan Arinal –Chusnunia datang ke KPU. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPW PAN Lampung Zainudin Hasan bersama Sekretaris Iswan Jadi Cahaya, Sekretaris PKB Oktarijaya dan Sekretaris Golkar Supriyadi Hamzah. Juga ada anggota DPR RI asal Golkar Aziz Syamsudin serta wakil bupati Pesisir Barat Erlina dan para simpatisan. Pasangan ini diarak dengan kesenian adat Lampung.

Di tempat yang sama Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono menjelaskan, jika berkas persyaratan Cagub Aninal cukup dan diterima. “Berkas syarat calon Arinal-Nunik kami terima dan sah, ” kata Nanang. (ron)

LEAVE A REPLY