Urai Kemacetan, DPRD Usul Ada Bus Sekolah

0
377

BANDARLAMPUNG-Kemacetan lalulintas di Kota Bandarlampung, saat ini semakin menjadi dan untuk mengatasinya, Anggota Komisi III DPRD Kota Bandarlampung, Pandu Kesuma Dewangsa, mengusulkan agar ada bus sekolah yang melakukan penjemputan.

Politisi PPP ini mengusulkan ide adanya armada penjemputan khusus siswa sekolah ini, diyakini dapat meminimalisir arus kemacetan lalulintas. “Ya kita bukan mencontek apa yang sudah dilakukan di Bandung, tapi adanya bus sekolah ini dapat sedikit mengatasi kemacetan. Jadi siswa sekolah tidak perlu lagi ada yang jemput, sehingga tidak ada lagi kendaraan yang parkir di tepi jalan, yang mengakibatkan kemacetan,” ujar Pandu Kesuma Dewangsa, kemarin.

Menurutnya, kemacetan arus lalulintas seperti di depan sekolah Xaverius Pahoman, jika jam masuk dan pulang sekolah sudah dipastikan Jalan Cendana menuju stadion Pahoman ke rah Jalan Hi Juanda di pasti kan macet. Karenanya dihimbau supaya kendaraan yang melakukan penjemputan tidak memarkirkan kendaraannya di jalan raya, karena macet.
“Ya kita Komisi III hanya menghimbau supaya pengelola sekolahan xaperius agar menegor supir-supir yang melakukan penhemlutan. Karena apalagi kalau pas mau solat Jum’at dan bertepatan dengan jam pulang sekolah pasti macetnya luar biasa,” jelasnya.

“Kalau nggak pihak sekolah menyediakan armada seperti bus untuk antar jemput anak sekolah, sehingga bisa meminimalisir kemacetan dan mengurai arus kendaraan, juga yang jemput anak sekolah jangan parkir kendaraannya sembarangan,”tegasnya.

Nah, kepada pihak Dinas Perhubungan (Dishub) imbuhnya supaya menempatkan petugas DLLAJ untuk mengatur arus kendaraan, sehingga tidak terjadi kemacetan berkepanjangan. “Dishub harus sigap, dimana ada titik kemacetan dan di depan-depan sekolahan harus ada petugas yang mengatur, kan bisa mengurai kemacetan. Atau dari pihak sekolah xaperius ada yang atur kendaraan yang melakukan yang penjemputan,” kata dia. (ron)

LEAVE A REPLY