Lomba JAKP TNBBS FSB IV, Juaranya Unila dan SMAN 1 Belalau

0
388
RAIH JUARA. Juara Pertama Putra dan Putri Lomba JAKP TNBBS FSB IV diraih oleh Mapala Unila dan Pramuka SMAN 1 Belalau. Sedangkan untuk Juara II Putra dan Putri diraih oleh Sispala Cakrawala A, (SMKN 1 Way Tenong) dan Karmapala B (MAN 1 Liwa). FOTO: IST

LIWA–Pemerintah Kabupaten Lampung Barat bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Bukit Bariisan Selatan (BBTNBBS)  menggelar Lomba Jelajah Alam Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Festival Skala Brak IV (JAKP TNBBS FSB IV).

Sekretaris Disporapar Kabupaten Lampung Barat yang juga sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan JAKP TNBBS FSB IV, Sandarsyah, menuturkan, lomba tersebut sudah usai dan menghasilkan para juara.  

Juara Pertama Putra dan Putri Lomba JAKP TNBBS FSB IV diraih oleh Mapala Unila dan Pramuka SMAN 1 Belalau. Sedangkan untuk Juara II Putra dan Putri diraih oleh Sispala Cakrawala A, (SMKN 1 Way Tenong) dan Karmapala B (MAN 1 Liwa).

Akan halnya Juara III Putra dan Putri diraih oleh SWB Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat dan Papala 2 SMAN 1 Kota Agung Kabupaten Tanggamus.

Pengumuman pemenang sekaligus pembagian hadiahnya dilakukan pada acara penutupan JAKP TNBBS FSB IV, Minggu (6/8).

Kegiatan yang dibuka dan ditutup oleh Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat Drs Sandarsyah  mewakili Kepala Disporapar kabupaten setempat Indra Kusuma S Sos diikuti 117 orang pseserta dan 10 orang peserta eksibisi berasal dari JNE Cabang Lampung Barat.

Peserta lomba berasal dari IPB Bogor, Unila,  Kabupaten Tanggamus, Pringsewu dan Pesisir Barat, serta beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Lebih lanjut menurut Sandarsyah, kegiatan yang  digelar pada 4 – 6 Agustus 2017  diikuti oleh para Kelompok Pencinta Alam (KPA), Gerakan Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), dan peserta umum. Dengan tema kegiatan,“Bersatu Bersama Alam TNBBS dan Berbudaya Di Bumi Skala Brak.’’

Untuk kegiatan pada malam hari peserta  Lomba JAKP TNBBS Festival Skala Brak IV  diberikan pembekalan pengetahuan  umum  tentang Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Kepariwisataan Kabupaten Lampung Barat, dan Pendidikan Konservasi serta kegiatan Api Unggun/Malam Keakraban.

Lomba Jelajah Alam Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (JAKP TNBBS) Festival Skala Brak IV adalah sebuah lomba jelajah alam yang pesertanya berupa kelompok/tim yang terdiri dari 3 orang. Dengan kategori Putra dan Putri. Tim ini dalam penjelajahannya akan melewati medan perbukitan, lembah, jalan setapak, sungai, hutan, dan air terjun Sepapa Kiri. 

Oleh karena itu setiap peserta/tim hendaknya membawa perlengkapan yang diwajibkan panitia seperti : pakaian lapangan, jas hujan, senter/alat penerangan, alat navigasi darat (kompas, peta, GPS), jam tangan, carrier, matras, tenda, dan obat-obatan. 

Di dalam kegiatan ini beberapa lintasan peserta wajib melewati Pos Inti dan Pos Bayangan. Adapun kriteria yang dinilai adalah perlengkapan petualangan, quisioner, ketepatan waktu, kekompakan, etika, dan sikap para peserta, ujar Sandarsyah.

Seperti kita ketahui Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) dengan gerbang masuk di Kubu Perahu telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia karena TNNBS memiliki keanekaragaman hayati baik itu berupa vegetasi hutan, flora dan fauna. 
Didalam kawasan hutan TNBBS terdapat banyak sekali air terjun, diantara air terjun tersebut yang paling indah dan paling sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara adalah air terjun Sepapa Kiri dan Sepapa Kanan.

Selain keindahan air terjun, di dalam TNBBS terdapat pula habitat fauna langka seperti burung Tokhtor, Rangkong Paruh Merah, Gajah Sumatera, beruang madu, harimau dan lain lain yang mendiami didalamnya. 

Sedangkan akan hal floranya, tumbuhan khas yang hidup di Taman Nasional ini berupa bunga bangkai jangkung, bunga bangkai raksasa dan anggrek raksasa/tebu, pungkas Sandarsyah. (Vic/Win)

LEAVE A REPLY