Pemkab Tandatangani NPHD Dengan KPU

0
298

KOTABUMI-Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Lampung Utara(Lampura) menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah(NPHD) dengan Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Lampura.
Penandatanganan NPHD tersebut dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Bupati dan Wakil Bupati Lampura tahun 2018.
Ketua Pelaksana Kegiatan Drs Samsir MM, menuturkan, dalam rangka mendukung suksesnya Pilkada dan sukses pengelolaan keuangan Pilkada yang berkualitas, dikemas dengan rapat bersama dinas terkait, dengan penyelenggaraan tahapannya berjalan akuntabel dan transparan.
Dengan sumber pembiayaan dari Anggaran Pendapatan Belanja Darah(APBD) tahun 2017 dan 2018 dengan besarnya Pilkada Lampura yakni Rp 31.990.992.640. “Ini dibagi menjadi dua tahap yakni tahun 2017 Rp 10 Milyar dan sisanya pada tahun 2018 dengan harapan semuanya bisa berjalan dengan lancar,”tutur Sekkab Samsir dalam laporannya, kemarin.

Sementara itu H Marton SE, selaku Ketua KPU Lampura menyatakan, pada tanggal 31 Juli dilakukan penadatanganan NPHD antara KPU Lampura dengan Pemkab setempat dan pada tanggal 27 Juni 2018 dilakukan pemungutan swara Pilkada.
Pemilihan itu meliputi tiga tahapan yakni tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Gubernur dan Wakil Gubernur serta Presiden dan Wakil Presiden.
Dengan diberikannya dana hibah ini diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten dan semua pihak untuk melihat dan mengawasi anggaran ini. Sehingga semua berjalan.sesui dengan undang-undang yang berlaku. ‘’ Kami dari KPUD berharap pelaksanaan Pilkada nanti bisa terlaksana dengan baik, adil dan jujur. Jangan saling menyerang pribadi dan berbuat curang. Tapi bersainglah dengan sehat,” himbaunya.

Bupati Lampura Hi Agung Ilmu Mangkunegara menjelaskan, dalam penandatanganan naskah hibah ini dananya cukup besar dan terbagi dalam dua tahapan.
Artinya dana ini merupakan uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan bersama, demi terciptanya pesta Demokrasi dengan baik. “Kami Pemkab siap untuk memfasilitasi agar pesta demokrasi bisa berjalan dengan sukses. KPU adalah lembaga dan pada tahun 2017 hingga 2018 KPU memiliki tugas yang cukup berat. Kami yakin lima komisioner bisa menjalankan tugas dengan baik,” pungkasnya. (ria)

LEAVE A REPLY