10 Ribu Sertifikat Akan Dikeluarkan

0
358

LIWA -Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), tahun ini memperoleh program Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis (PTSL). Lebih dari 10 ribu sertifikat yang akan dikeluarkan pada program Kementerian BPN RI tersebut.
 
Pembuatan sertifikat akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama 4.970 sertifikat dan pada tahap kedua sebanyak 6.800 tanah masyarakat yang akan mendapatkan program sertifikat tersebut.
 
Program pendaftaran tanah sistematis lengkap itu, merupakan bagian dari kegiatan Prona. Syaratnya, luas lahan untuk pekarangan yang memperoleh program maksimal 2.000 meter persegi. Sementara untuk lahan pertanian, maksimal dua hektar, dan diperuntukkan bagi masyarakat yang tingkat perekonomiannya menengah ke bawah.
 
Bupati Lambar, Mukhlis Basri, saat membuka acara penyuluhan program tersebut kemarin mengatakan, Pemkab setempat terus berupaya agar program tersebut digulirkan tiap tahunnya. Tahun 2018 mendatang kata dia, Pemkab Lambar sudah mencanangkan program 100 setifikat untuk mendampingi program PTSL tersebut.
 
Ketua PTSL, Syarif, mengatakan, PTSL merupakan program Presiden Joko Widodo yang sasarannya adalah masyarakat menengah ke bawah, dengan tujuan untuk meningkatkan jaminan kepastian hak atas tanah dan meningkatkan efisiensi, transparansi, juga memperbaiki kualitas pelayanan pemberian hak atas tanah.
 
Pada era otonomi daerah seperti saat ini, kata dia,  campur tangan pemerintah daerah dalam pendaftaran tanah sistematik, diperlukan terutama bagi masyarakat miskin dalam hal pengurusan pendaftaran tanah. (Vic/Win)

LEAVE A REPLY