antu Masyarakat Hadapi Ramadan dan Idul Fitri,Pemkab Lampung Tengah Lakukan Operasi Pasar Murah.

0
380

LAMPUNG TENGAH -Saat Ramadan tiba hampir seluruh harga sembako mengalami kenaikan. Hal itu sering kali dikeluhkan oleh para ibu rumah tangga. Untuk membantu masyarakat dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri,  Pemkab Lampung Tengah melalui Dinas Perdagangan setempat akan melakukan operasi pasar murah.
Operasi pasar murah tersebut akan dilaksanakan di tujuh titik yakni Kecamatan Bandarmataram, tepatnya di Kampung Mataram Udik. Kemudian di Kampung Teluk Dalem, Kecamatan Rumbia.
Selanjutnya juga akan digelar di Kampung Candirejo,  Kecamatan Way Pengubuan, Kampung Ratnakaton,  Seputihraman, Kampung Untoro Kecamatan Trimurjo,  dan Kampung Haduyangratu, Kecamatan Padangratu, serta yang terakhir Kampung Timbulrejo, Kecamatan Bangunrejo.
Plt Kepala Dinas Perdagangan Lamteng, Rusmadi mengatakan, operasi pasar murah ini dilaksanakan mulai Selasa (30/5) hari ini di Kecamatan Bandarmataram.
“Operasi pasar murah ini untuk membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu, untuk memenuhi kebutuhan saat ramadan dan menjelang Idul Fitri. Mengingat saat ramadan pasti harga-harga bahan pokok selalu naik. Untuk itu, Kami memberikan subsidi sebesar Rp3 ribu per item,” ujarnya.
Rusmadi menjelaskan,  yang dijual di dalam operasi pasar murah tersebut diantaranya, beras, telur, minyak goreng, tepung terigu, gula, susu, mentega, dan bahan-bahan pokok lainnya.
“Dengan adanya operasi pasar murah ini saya berharap,  selain membantu masyarakat juga agar harga-harga sembako di pasaran bisa tetap stabil meskipun permintaan meningkat. Kalaupun mengalami kenaikan,  harus yang rasional,” papar Rusmadi.
Operasi pasar murah ini akan bekerjasama dengan beberapa dinas terkait, seperti pertanian dan beberapa dinas lainnya. 
Sementara,  Bupati Lampung Tengah,  Mustafa telah mengeluarkan kebijakan operasi pasar. Operasi pasar itu dilakukan dengan cara bekerja sama dengan lembaga usaha lain guna menghindari lonjakan-lonjakan harga bahan pokok yang terjadi pada bulan suci ramadhan dan Idul Fitri. 
Selain itu operasi pasar tersebut sangat berperan penting untuk meredam lonjakan harga di pasaran dan untuk menstabilkan lonjakan sejumlah harga bahan pokok hingga ditingkat pedagang eceran.
Kepedulian Bupati Lamteng,  Mustafa sangat menyayangi masyarakatnya maka mengeluarkan kebijakan kepada Dinas Pasar agar mengadakan operasi pasar. 
“Tentunya kami menggandeng seluruh Camat untuk mengatisipasi terkait lonjakan-lonjakan harga. Pemerintah akan selalu mengatasi sejumlah kenaikan-kenaikan harga sembako melalui operasi pasar seperti ini, dan kami selalu siap meski hari libur Pemerintah hadir untuk masyarakat,” terang Mustafa. (adv) 

LEAVE A REPLY