Kini, Daftar JKN-KIS Bisa ‘’Call Center’’

0
196

METRO– Cara mendaftarkan diri sebagai peserta JKN – KIS kini semakin mudah. Salah satunya yakni mekanisme pendaftaran melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Call Center 1500-400. Ini adalah bentuk pengembangan strategi BPJS Kesehatan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Cabang Metro, Rizka Adhiati menuturkan, pendaftaran kepesertaan JKN – KIS melalui telepon ini khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP). “Kanal kanal pendaftaran kepesertaan JKN – KIS adalah Sistem Drop Box di Kantor Cabang, pendaftaran melalui kecamatan/kelurahan, pendaftaran melalui PPOB/Mitra seperti Mall (Mall Kartini untuk Lampung) dan PT. POS, dan yang terbaru adalah melalui Telepon,” bebernya di kantor BPJS Kota Metro, Senin (15/5).

Ia mengakui, BPJS Kesehatan Care Center sebelumnya terdapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, teleconsulting dan pengelolaan media sosial maka saat ini dikembangkan menjadi beberapa fungsi.

“Sebelum Telepon sebaiknya persiapkan Nomor Kartu keluarga, Nomor KTP-el anggota keluarga masing masing, Nomor rekening Bank (Mandiri, BRI, BNI, BTN), Nomor HP, dan alamat Email. Dan jangan lupa tentukan hak kelas perawatan berapa yang akan dipilih juga tentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mana yang akan dipilih. Pendaftaran melalui Telepon ini khusus bagi seorang yang dalam satu keluarga belum terdaftar JKN – KIS. Dan ini khusus peserta bukan pekerja atau penerima upah kerja. Jika ia pekerja maka sebaiknya yang mendaftarkan adalah perusahaan dimana ia berkerja,” kata dia.

Lebih lanjut kata dia, setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, Nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. Peserta yang mendaftar via Care Center wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. Sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan  mencetak dan mendistribusi kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah di-input pada saat mendaftar.

Ia menambahkan, di BPJS Kesehatan Call Center 1500-400, juga disediakan fitur teleconsulting dimana peserta JKN-KIS dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada Dokter Umum yang siap memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

BPJS Kesehatan juga melakukan upaya perluasan kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan diantaranya melalui Website BPJS Kesehatan pada Menu SIPP (Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan) serta integrasi pemberian informasi dan penanganan pengaduan melalui Hotline Service dialihkan secara langsung ke BPJS Kesehatan Call Center 1500-400.

“Total peserta JKN – KIS di BPJS Cabang Metro mencapai 1.771.412 orang dari terget mencapai 3.732.514 orang dengan prosentase 47,46%. BPJS Cabang Metro cakupan layanannya meliputi Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji. Sementara jumlah yang menunggak bayar se KCP Metro mencapai 269.169 orang dengan total Rp28.142.963.471,”  pungkasnya. (son)

LEAVE A REPLY